Tips Membeli Motor Bekas yang Berkualitas

Hati-hati dalam Memilih Motor bekas dengan Tips di bawah ini

Tips Motor - Telah selayaknya kamu merasa bimbang sebelum beli motor bekas. Takut ditipu, memperoleh harga yang tidak wajar, bahkan juga tertipu legalitas yang tidak jelas: ada beberapa resiko yang membuat kamu mesti super cermat sebelum beli motor bekas.

Banyak penjual memoles motor dagangannya demikian rupa, menutupi kekurangan produk sampai dapat menjualnya di harga tambah tinggi dari semestinya. Namanya juga pedagang: punya trick berjualan tentu sah-sah saja.

Tetapi kamu tidak bisa pasrah, kamu harus juga miliki panduan serta trikmu sendiri. Tenanglah, di tempat ini oo57ibi telah mengumpulkan semuanya yang butuh kamu paham.kamu mengerti mengenai beli-membeli motor sisa. Saran-saran ini kami temukan dari bapak-ibu polisi di Polda Metro Jaya. Yuk, simak!

Tetapkan Dahulu Motor Apakah yang Ingin Kamu Beli 

Pertama, tetapkan dahulu type motor yang ingin kamu beli. Apa motor bebek, skuter matik, atau sport? Tetapkan juga type serta pabrikan pembuatnya, sebab setiap merk miliki kelebihan masing. Ada dua patokan yang dapat kamu pakai untuk pilih motor manakah yang harusnya kamu beli:

Patokan Biaya. Bila danamu hanya terbatas, lupakan motor yang mahal. Ingat, kamu masih tetap membutuhkan dana buat perawatan serta perbaikan motor bekas itu nanti.
Patokan Selera. Bila danamu tidak hanya terbatas, patokan ini bisa kamu pakai. Silahkan saja mencari type motor yang selama ini kamu idam-idamkan. Tetapi jika dana kamu tidak hanya terbatas bukankah lebih enak beli motor baru?

Kenali Harga Pasaran 

Sebelum masuk ke pasar motor sisa, cari info dahulu harga market motor yang kamu incar itu. Apa harga nya wajar? Apa trend pasar sangat sering turun naik? Membuat penelitian mini dengan baca media cetak serta online. Bila type yang kamu mencari masih tetap mahal di market, kamu dapat mencari produk keluaran tahun awal mulanya. Motor yang umurnya lebih tua umumnya di jual di harga lebih murah.

Janganlah Asal-asalan Pilih Penjual 

Sesudah tahu apakah yang kamu cari serta berapakah uang yang ingin kamu habiskan, cematilah tempat beli motor sisa. Mencari penjual yang telah miliki reputasi bagus. Umumnya dealer motor sisa yang bonafid dapat kamu percaya, sebab mereka miliki prosedur yang ketat waktu beli motor dari pemakai pertama. Kamu dapat juga melakukan bisnis dengan orang yang telah biasa jual-beli motor bekas. Orang semacam ini umumnya cuma jual 1-2 motor sebab belumlah miliki cukuplah modal buat membuka dealer sendiri.
Akan tetapi kamu butuh tambahan berhati-hati bila temukan penjual di situs jual-beli, Pendekatan yang dalam harus kamu lakukan . 
Check Kelengkapan Surat 

Sekurangnya, satu unit motor mesti mempunyai STNK serta BPKB. Pemilik pertama juga terkadang akan mengikutkan faktur pembelian. Cek juga kecocokan nomer rangka serta nomer mesin di badan motor dengan yang berada di surat. Angka-angka itu mesti persis sama. Bila ada satu saja angka yang tidak sama, kemungkinan motor itu mempunyai surat palsu — atau lebih parah, ialah hasil pencurian.

Supaya lebih yakin, kamu dapat mengecheck keabsahan nomer plat kendaraan (nomer polisi) dengan SMS center kepolisian paling dekat.

Untuk lokasi Jakarta kamu dapat mengecek plat B serta BK triknya, tulis: Metronomor polisi kirim ke 1717. Contoh : Metro B8118HJ

  • Lokasi Jawa Timur, tulis : JATIMnomor polisi kirim ke 1717 
  • Lokasi Jawa Barat, tulis: poldajbrnomor polisi kirim ke 3977 
  • Lokasi Jawa Tengah, tulis: jatengnomor polisi kirim ke 7070 
  • Lokasi Yogyakarta, tulis: DIYnomor polisi kirim ke 9600 

Tarif serta ketentuan berlaku ya, guys! Oh iya, yakinkan juga pemilik lama membayar pajak tahunan motor agar tagihan kamu tidak membengkak. Bila umur nomer kendaraan mendekati 5 tahun, berarti kamu harus juga selekasnya mengurus STNK baru. Berundinglah dengan penjual untuk memperoleh potongan harga.

Keadaan Bodi Motor 

Ini yang lebih susah. Tentunya kamu mesti lihat apa bodi motor dalam keadaan yang baik. Motor itu mesti tiada goresan, mesti tidak penyok, serta tidak retak. Tanyakanlah juga apa semua suku cadang masih tetap asli. Bila ada yang ditukar, yakinkan kualitas suku cadang itu memang bagus. Dikit cerewet dalam mengecek keadaan motor tidak apa-apa. Janganlah malu menanyakan, asal janganlah memojokkan penjual juga.

Mengecheck keadaan bodi motor tidak cuma membutuhkan ketrampilan, tetapi juga perasaan. Bila kamu perlu masukan, ajak serta seorang yang lebih memahami masalah motor daripadamu.

Lihat Olinya 

Kamu mesti ikhlas kotor-kotoran buat ini, Karena kurangnya Merawat Motor Matic Injeksi dengan baik. Meminta penjual buka penutup oli mesin. Yakinkan jumlahnya oli tidak terlalu berlebih, sebab oli yang banyak dapat menahan nada mesin yang sebetulnya bising serta kasar. Pengukur batas optimal oli umumnya penutup oli tersebut, akan tetapi mesin yang umumnya nampung pelumas akan selekasnya memuntahkan oli saat itu juga tutupnya di buka.

Cek Speedometer 

Saat ini, mari kita berpindah ke panel depan motor. Motor yang baik telah seharusnya mempunyai speedometer, meteran bensin, tanda lampu, serta penghitung jarak yang berperan dengan baik. Spesial motor gede, panel harus juga diperlengkapi tachometer. Yakinkan tidak ada keretakan atau sisa pembongkaran pada panel motor.

Kalkulasi juga kewajaran pada jarak yang sudah ditempuh motor dengan umurnya. Penggunaan wajar motor dalam satu tahun ialah 10.000 km. Bermakna bila motor yang kamu beli baru berumur 2 tahun, jarak yang ditempuhnya tidak bisa lebih dari 20.000 km.

Nyalakan Mesin

Sesudah meyakini dengan keadaan motor dengan kasat mata, saat ini kamu memerlukan perasaan serta pendengaran yang bagus untuk pastikan motor mempunyai mesin yang sehat. Pakai pendengaranmu adakah bunyi kasar waktu mesin menyala.

Nyalakan mesin tanpa dukungan gas. Sesudah menyala, janganlah segera gas kencang-kencang. Malah kamu mesti melepas tanganmu dari motor. Lihat apa motor dapat langsam (masih menyala pada putaran mesin rendah/tiada digas). Motor dengan mesin yang memiliki masalah tidak akan langsam pada putaran mesin dibawah 1500 rpm.

Rasakan Perpindahan Transmisinya 

Sesudah kamu meyakini dengan keadaan mesin, saat ini tunggangi motor serta coba lakukan pelan-pelan. Rasakan perpindahan dari gigi 1 ke 2 dan sebagainya. Apa halus serta nyaman atau mungkin keras serta susah dipindahkan? Gigi yang kasar waktu dipindahkan mengisyaratkan kampas kopling mesti selekasnya ditukar. Bila terdengar nada mendesir pada rantai serta mesin kala berjalan, jadi kemungkinan gir motor mesti ditukar — berhati-hati, ini mengonsumsi cost yang lumayan besar.

Bagaimana dengan motor matic? Meskipun bukan kamu yang mengoper gigi motor matic tetapi kamu masih dapat rasakan perpindahannya saat berakselerasi. Pakai perasaan kamu untuk memandang apa perpindahannya mulus tanpa kesan-kesan tersendat-sendat.

Lihat Apa Ada Kebocoran 

Kendarai lagi motor yang kamu coba sejauh 500 mtr. untuk pastikan tarikan serta perpindahan gigi yang nyaman. Lalu menepilah, serta cek adakah tetesan oli atau BBM yang tercecer di mesin serta jalanan. Cek juga: bila motor itu memakai radiator, adakah air radiator yang keluar?

Check Juga Kelistrikan Motor 

Cek keadaan kelistrikan dengan menyalakan lampu depan, lampu sein, lampu belakang, lampu rem, lampu panel, serta klakson. Yakinkan juga apakah starter elektrik bekerja seperti seharusnya. Bila salah satunya komponen listrik diatas tidak berperan prima jadi ada permasalahan pada aki serta/atau sekering motor.

Yakinkan Motor Tidak Sempat Alami Kecelakan 

Dengan kasat mata, kamu dapat lihat apa motor itu sempat alami kecelakaan dari rangkanya. Dirikan motor dengan standard ganda diatas permukaan yang datar. Lantas lihat apa roda depan serta belakang ada pada garis yang sejajar prima. Lihat juga kesejajaran stang dengan body serta roda. Yakinkan rangka motor tidak alami kebengkokan.

Lakukan motor pada jalan sepi dengan kecepatan 40 km/jam, lantas rem dengan mendadak untuk pastikan motor masih tetap dapat dikontrol. Bila kamu kesusahan lakukan ini, hampir dapat diyakinkan ada ketidaksejajaran pada roda, stang, serta rangka motor.

Meminta Peluang Test Ride Lebih Lama 

Supaya kamu betul-betul meyakini dengan motor yang ingin kamu beli, meminta penjual untuk mengizinkanmu lakukan test ride lebih jauh. Bila dia sudi, ajak dan si penjual agar kamu dapat rasakan akselerasi motor saat berboncengan. Hitung-hitung sekalian tawar menawar harga juga.

Sebelum bernegosiasi sebaiknya jika kamu membuat catatan mengenai kekurangan/kecacatan yang kamu jumpai saat mengecek motor bekas barusan. Pakai catatan ini untuk berdialog. “Nanti ‘kan saya ingin betulin ini-itu, Pak, yah…kurang-kurangin lah, Pak…” Kecermatan seperti ini mungkin dapat memuluskan transaksi kamu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Inilah Perubahan pada New Yamaha Vixion 2015

Tips Jilka Mobil Rusak atau Mogok di Jalan Tol

Stop menyetir ketika Tanda ini Muncul pada anda